Breaking News
Loading...
Thursday, February 20, 2014

Samsung Galaxy Note 3 vsSamsung Galaxy Note 3 Neo

Setelah sukses mengusung Samsung Galaxy Note 3, Samsung rupanya ingin mengulangnya dengan produk sejenis namun dengan harga yang lebih murah, yakni lewat generasi penerusnya yang diberi nama Galaxy Note 3 Neo. Meski handset ini memiliki harga yang lebih murah, tapi masih masuk pada kategori premium karena secara umum harganya memang cukup menguras dompet. Untuk pasar di Indonesia harga resminya memang masih belum diumumkan. Tapi sebagai perbandingan, di Jerman, Galaxy Note 3 Neo versi LTE+ dijual dengan harga 529 euro atau jika dikurskan senilai Rp 8,7 juta, sementara untuk versi HSDPA+ dibanderol dengan harga 499 euro atau sekitar Rp 8,2 juta. Sehingga, meski harga di tiap Negara berbeda-beda, namun kisaran perbedaannya tidak terlalu besar, sehingga versi murah dari Samsung Galaxy Note 3 ini tetap mahal.

Mungkin karena memiliki harga yang lebih murah, sehingga meski dari sisi desain, tampilan kedua smartphone ini sangat identik, namun neo mengalami beberapa pengurangan dari spesifikasi yang dimiliki Note 3. Salah satunya adalah kapasitas layar. Kedua smartphone ini memang sama-sama memiliki layar berukuran 5,5 inch, tetapi resolusi dari layar tersebut, antara satu dengan lainnya berbeda. Galaxy Note 3 memiliki resolusi full HD alias High Definition, sedang Galaxy Note 3 Neo ‘hanya’ 1280 x 720 pixel.

Pengurangan yang lain dilakukan pada sektor dapur pacu. Meski kedua jenis smartphone ini sama-sama menggunakan operasi Android Jelly Bean 4.3 terbaru, namun otak pendukung dari keduanya berbeda. Galaxy Note 3 bekerja dengan menggunakan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 yang memiliki kecepatan 2.3 GHz serta RAM sebesar 3GB, sementara Galaxy Note 3 Neo ditenagai prosesor hexa core yang terdiri dari dua core: 1,7GHz Cortex A15 dan 4 core 1,3GHz Cortex A7 untuk model LTE+, dan prosesor 1,6 GHz quad core untuk model HSPA+.

Pengurangan spesifikasi masih belum berhenti sampai di situ. Pada fitur kamera, kemampuan yang dimiliki kedua jenis phablet ini juga berbeda. Galaxy Note 3 dilengkapi dengan kamera 13 megapixel lengkap dengan fitur stabilisasi gambar berbasis software yang membuat hasil pengambilan gambar dapat dipastikan baik meski pada pencahayaan yang rendah. Sementara untuk Galaxy Note 3 Neo kemampuan kamera ‘hanya’ sebatas 8 megapixel plus sensor BSI.

Dilakukannya pengurangan spesifikasi pada Galaxy Note 3 Neo memang merupakan hal yang wajar mengingat harganya juga lebih murah dibanding Galaxy Note 3. Namun demikian beragam tekhnologi yang diintegrasikan ke dalam kedua smartphone ini sama-sama yang terbaik, mengingat keduanya tergolong smartphone kategori premium alias high end.

Selain itu, tidak semua spesifikasi yang ada pada Note 3 selalu lebih baik, karena beberapa diantaranya memiliki kemampuan yang setara dengan yang dimiliki Neo. Salah satu misal tekstur dengan aksen kulit yang dimiliki kedua handset ini, sama-sama kesat dan mudah dipegang, serta tidak berminyak sebagaimana halnya handset lain yang menggunakan plastik sebagai penutup belakang. Kedua handset ini juga dilengkapi dengan stylus digitizer yang mampu mengendalikan tebal-tipisnya sapuan saat melakukan Action Memo, Scrapbooker, Screen Write, S Finder dan Pen Window. Begitu juga spesifikasi yang lain, lebih banyak kesamaannya dibanding perbedaannya.

Karena itu, jika pengurangan kemampuan ketiga spesifikasi sebagaimana tersebut di atas bukan merupakan persoalan, Galaxy Note 3 Neo lebih pas untuk dijadikan pilihan mengingat harganya yang lebih murah. Tapi jika ketiga spesifikasi tersebut sangat Anda butuhkan, Galaxy Note 3 lah yang paling tepat untuk dipilih. (*)

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer